Error message

User warning: The following module is missing from the file system: googleanalytics. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1181 of /var/www/clients/client2/web17/web/includes/bootstrap.inc).

Article

HIMA KEDOKTERAN GIGI UNSOED SUKSES MENYELENGGARAKAN SOEDIRMAN DENTAL SCIENTIFIC MEETING (SDSM) 2020

[dentistry.fk.unsoed.ac.idSel, 26/09/2020]  Soedirman Dental Scientific Meeting (SDSM) Kedokteran Gigi Unsoed 2020 merupakan ajang lomba keilmiahan dan kreativitas tingkat nasional bagi mahasiswa tingkat S1 maupun profesi di bidang kesehatan yang terdiri dari lomba Literature Review, Kompetisi Poster Publik, dan Video Edukatif. Tujuan dari Lomba SDSM yaitu merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Lomba SDSM tahun ini merupakan program kerja HIMA KG Unsoed dari departemen pendidikan dan profesi yang diketuai oleh Sherly Octivany dari Kedokteran Gigi Unsoed Angkatan 2018. Lomba yang diselenggarakan sejak 20 Agustus 2020 hingga 29 September 2020 berjalan dengan lancar. Yang mana puncak acara SDSM itu sendiri dilaksanakan pada tanggal 26 September 2020 bersamaan dengan presentasi online finalis 6 besar literature review yang diselenggarakan secara online melalui platform zoom. Puncak acara SDSM diawali dengan pembukaan dan pembacaan doa, lalu dilanjut sambutan dari Ketua Panitia, Ketua HIMA Kedokteran Gigi Unsoed serta Ketua Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed.
Dr. drg. A. Haris Budi Widodo, M.Kes., A.P., S.IP., S.E. selaku ketua Ketua Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed menyampaikan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan SDSM tahun ini, “Saya senang serta bangga atas terselenggaranya acara ini, semoga acara SDSM kali ini menjadi ajang kreatifitas mahasiswa, selamat berlomba untuk semua peserta, selamat berkreasi tetap semangat dan semoga sukses.” Tuturnya. Setelah itu dilanjutkan dengan penjurian final presentasi Literature Review oleh 6 finalis. Pada lomba literature review kali ini tim Universitas Indonesia (Louis Martin, Pniel Cendana, dan Evelyn Kosasih) berhasil meraih juara 1, tim Universitas Gadjah Mada (Indira Aqqliya, Muhammad Rheza, Radinda Faridzya) sebagai juara 2, dan tim Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (Sekar Hasna dan Rafika Sifana) sebagai juara 3. Juri presentasi Literature Review terdiri dari drg. Anindita Laksitasari sebagai dosen asisten ahli KG Unsoed, drg. Victoria Dewanti Arifiana, Sp. Ort sebagai Dokter Spesialis RSGMP Unsoed dan Tim Program Pengendalian Infeksi RSGM, serta drg. Ina Permata Dewi, M.M sebagai dokter gigi RSGMP Unsoed dan Ketua Komite Program Pengendalian Infeksi RSGM. Drg Anindita menyampaikan harapan, “semoga dengan melalui lomba Literature Review ini diharapkan hasil studi literasi para peserta dapat menjadi sumber studi ilmiah terkini di bidang kedokteran gigi, terutama yang berhubungan dengan adaptasi kedokteran gigi akibat pandemi Covid19.” tuturnya.
Selain lomba literature review adapun lomba poster public.  Adapun juri lomba poster public yaitu  drg. Ali Taqwim, Sp. KGA. dan drg. Maulina Triani. Lomba poster tersebut diharapkan dapat mengedukasi masyarakat umum tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut pada anak dengan menyajikan poster yang menarik dan informatif. Sebagai juara 1 lomba poster public diraih oleh tim yang berasal dari Universitas Indonesia dengan anggota Evelyn Kosasih, Engrada Alodia M., Catherina Anggraini, Serta untuk juara 2 diraih juga oleh tim Universitas Indonesia yang terdiri dari Evelyn Kosasih, Engrada Alodia M. ,Catherina Anggraini, sedangkan untuk juara 3 lomba poster diraih oleh tim Universitas Sriwijaya yang terdiri dari Fanny Rismawati, Fio Rizky Oksa dan Shabrina Salsabila P. Adapun lomba terakhir yaitu  lomba video edukasi. Juri pada lomba tersebut yaitu drg. Aris Aji Kurniawan, M.H., drg. Mahindra Awwaludin Romdlon, M.H., dan drg. Pratiwi Nur Widyaningsih, M. Biomed. Harapan lomba vidio edukasi tersebut dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut pada tenaga kesehatan yang kompeten agar terhindar dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Sedangkan juara lomba vidio edukasi pada kegiatan SDSM 2020 kali ini diraih oleh tim dari Universitas Indonesia yang beranggotakan Sita Ayu Lestari, Devasya Nathania, Annisa Afriliani. Sedangkan untuk juara 2 diraih oleh tim Universitas Jenderal Soedirman yang anggota timnya terdiri dadi Nur Faizah Zahira, Naila Robbaniyya F., Nisa Aqila Zulfa. Sedangkan Tim dari Universitas Gadjah Mada yang beranggotakan Elisabeth Priscilla S.B. Agnes Steffinia N., dan Fariz Attar Aulia berhasil menjadi juara 3. 
Melalui Lomba SDSM ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulutnya. Tetap semangat dan teruslah berkarya!
Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah!
 

Jelajah Kota Purwokerto

Informasi kota Purwokerto serta transportasi dan akomodasi menuju kota Purwokerto dapat dengan mudah diakses di sini

 

SIA & KRS Online

Pengisian KRS online ke e-SIA dapat dilakukan di sini. Batas pengisian KRS online dapat dilihat setelah melakukan login pada website e-sia Unsoed.

 

Jadwal Kuliah & Tutorial

Jadwal kuliah, tutorial, skill lab, praktikum dan ujian (beserta dosen pengampu dan ruangan yang digunakan) dapat dilihat di sini ...

 

Unduh Dokumen

Kalender Akademik (KRS, jadwal perkuliahan, jadwal sidang dan jadwal wisuda dll.) Tahun Ajaran 2023/2024 dapat diunduh di sini...

KONTAK KAMI KEDOKTERAN GIGI UNSOED

 
Alamat Kampus : 
1. Kampus Karangwangkal, Jl. Dr. Soeparno, Purwokerto Utara, Jawa Tengah 53122
2. Integrated Academic Building (IAB), Jl. Dr. Soeparno, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah 53123

Telp. (0281) 643744/629191 | Fax. (0281) 621966 | Email: kedokterangigi@unsoed.ac.id

Galeri Kegiatan