Error message

User warning: The following module is missing from the file system: googleanalytics. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1181 of /var/www/clients/client2/web17/web/includes/bootstrap.inc).

Article

Terapkan Outcome Based Education (OBE), Jurusan Kedokteran Gigi UNSOED Gelar Lokakarya Kurikulum

[dentistry.fk.unsoed.ac.idRab, 03/07/2024] Jurusan Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) sukses menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum tahap Sarjana secara hybrid. Acara dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, dosen, tenaga kependidikan, dan stakeholder terkait. 
Lokakarya kurikulum ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum tahap sarjana berbasis Outcome Based Education (OBE) guna meningkatkan kualitas pendidikan di Jurusan Kedokteran Gigi UNSOED. drg. Mutia Rochmawati, Sp. Perio., selaku Ketua Lokakarya sekaligus Ketua Tim Kurikulum, menekankan pentingnya kolaborasi dalam merumuskan langkah-langkah konkret penerapan OBE pada kurikulum tahun 2024. 
Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. M. Mukhlis Rudi Prihatno, M.Kes., M.Si.Med., Sp. An-KNA. dalam sambutannya berharap agar Lokakarya Kurikulum ini, dapat mendorong penerapkan pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan efektif. untuk menghasilkan lulusan yang makin berkualitas.
Agenda lokakarya meliputi beberapa sesi penting, dimulai dengan pemaparan dari Tim Kurikulum Jurusan Kedokteran Gigi mengenai “Grand Design Kurikulum” oleh drg. Fitri Diah Oktadewi, M.D.Sc. Selanjutnya, drg. Ryana Budi Purnama., M.D.Sc. memaparkan “Hasil Analisis Elemen Pendukung Proses Pembelajaran". 
Sesi kedua kemudian difokuskan pada “Metode dan Asesmen Pembelajaran dalam Mendukung Pelaksanaan Kurikulum OBE”, yang disampaikan oleh narasumber drg. Indri Kurniasih, M.Med.Ed. selaku ketua Tim Kajian Pendidikan AFDOKGI.
Pada sesi akhir, materi disampaikan oleh narasumber dari Pusat Pengembangan Kurikulum LP3M UNSOED terkait “Pengukuran CPL pada Kurikulum OBE” oleh Bpk. Tri Nugroho Adi S.Sos. M.Si. dan “Sistem Informasi dalam Pengukuran CPL” oleh Bpk. Ardiansyah, S.TP., M.Si., Ph.D. 
Lokakarya ditutup dengan sesi diskusi dan penandatanganan berita acara, menandai komitmen jurusan dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis OBE. Langkah ini diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan kualitas lulusan Jurusan Kedokteran Gigi UNSOED, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia profesional. (IC)
 

Jelajah Kota Purwokerto

Informasi kota Purwokerto serta transportasi dan akomodasi menuju kota Purwokerto dapat dengan mudah diakses di sini

 

SIA & KRS Online

Pengisian KRS online ke e-SIA dapat dilakukan di sini. Batas pengisian KRS online dapat dilihat setelah melakukan login pada website e-sia Unsoed.

 

Jadwal Kuliah & Tutorial

Jadwal kuliah, tutorial, skill lab, praktikum dan ujian (beserta dosen pengampu dan ruangan yang digunakan) dapat dilihat di sini ...

 

Unduh Dokumen

Kalender Akademik (KRS, jadwal perkuliahan, jadwal sidang dan jadwal wisuda dll.) Tahun Ajaran 2023/2024 dapat diunduh di sini...

KONTAK KAMI KEDOKTERAN GIGI UNSOED

 
Alamat Kampus : 
1. Kampus Karangwangkal, Jl. Dr. Soeparno, Purwokerto Utara, Jawa Tengah 53122
2. Integrated Academic Building (IAB), Jl. Dr. Soeparno, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah 53123

Telp. (0281) 643744/629191 | Fax. (0281) 621966 | Email: kedokterangigi@unsoed.ac.id

Galeri Kegiatan