Error message

User warning: The following module is missing from the file system: googleanalytics. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1181 of /var/www/clients/client2/web17/web/includes/bootstrap.inc).

Article

Pengajian Ramadhan “Hindari Sikap Ashobiyah”

[dentistry.unsoed.ac.id, Sen, 19/06/2017] Bertempat diaula lantai 3 Gedung C Fakultas Kedokteran Unsoed jalan dr.Gumbreg Nomer 1 Mersi Purwokerto. Fakultas Kedokteran Unsoed mengadakan pengajian dalam rangka mengisi bulan ramadhan 1438 H dengan tema “Hindari Sikap Ashobiyah”
Pengajian dibuka oleh Kabag Tata Usaha Fakultas Kedokteran Unsoed Endang Istanti,S.H.,MM dalam sambutannya mengatakan akan diadakan buka bersama bersama civitas akademik dan mahasiswa yang akan diadakan tanggal 19 Juni 2017 dan diadakan halal bihalal untuk Fakultas Kedokteran tanggal 3 Juli 2017.
Hadir dalam acara tersebut sebagai penceramah Ustad Ahmad Zayyadi,M.A.,M.H sebagai dosen FISIP Unsoed. Dalam ceramahnya Bulan ramadhan 1438 H adalah :
Ashabiyah adalah dalam pengertian ini bermakna rasa kesukuan dengan pengertian lain, ikatan yang didasarkan atas kesamaan garis keturunan dalam suatu suku. Menurut Ibn khaldun, elan vital bagi kebangkitan dan kemajuan peradaban adalah apa yang disebutnya ashabiyah, istilah ini sudah digunakan sejak masa pra-Islam tetapi dengan konotasi negatif, yakni fanatisme kekabilahan yang sempit yang menghalalkan segenap cara untuk mencapai tujuan mereka sendiri. Ashabiyah seperti sangat dikecam Nabi Muhammad karena bisa menjadi chauvinistis dan bahkan rasis. Ashabiyah dalam pengertian Ibn Khaldun mengandung beberapa pengertian, seperti rasa solidaritas, kesetiaan kelompok, bahkan nasionalisme. Ibn Khaldun membedakan istilah Ashabiyah ini ke dalam dua kelompok yaitu Ashabiyah yang berkaitan dengan kelompok manusia berbudaya hadhar dan Ashabiyah yang berkaitan dengan kelompok manusia primitif.
Kemajemukan NKRI :
1. Karakteristik Negara Indonesia :

  • Luas wilayah menempati urutan ketujuh di dunia.
  • Negara kepulauan terbesar di dunia.

Macam-macam Fanatisme :
1. Fanatisme Agama
2. Fanatisme Aliran / Sekte.
3. Fanatisme Madzab / Ideologi
Tawaran untuk konsep Ukhuwah :
1. Ukhuwah Basyariyyah / Insaniyah QS Al Hujarat : 13
2. Ukhuwah Wadaniyah (Warganegara) QS. Al Araf : 85
3. Ukhuwah Ad Dhiniyah (Antar Umat Beragama) QS.Ali Imron : 103
4. Ukhuwah Islamiyah (Internal Islam) QS. Al Hujurat :10-13
Maju terus pantang menyerah!!!!!!

 

Jelajah Kota Purwokerto

Informasi kota Purwokerto serta transportasi dan akomodasi menuju kota Purwokerto dapat dengan mudah diakses di sini

 

SIA & KRS Online

Pengisian KRS online ke e-SIA dapat dilakukan di sini. Batas pengisian KRS online dapat dilihat setelah melakukan login pada website e-sia Unsoed.

 

Jadwal Kuliah & Tutorial

Jadwal kuliah, tutorial, skill lab, praktikum dan ujian (beserta dosen pengampu dan ruangan yang digunakan) dapat dilihat di sini ...

 

Unduh Dokumen

Kalender Akademik (KRS, jadwal perkuliahan, jadwal sidang dan jadwal wisuda dll.) Tahun Ajaran 2023/2024 dapat diunduh di sini...

KONTAK KAMI KEDOKTERAN GIGI UNSOED

 
Alamat Kampus : 
1. Kampus Karangwangkal, Jl. Dr. Soeparno, Purwokerto Utara, Jawa Tengah 53122
2. Integrated Academic Building (IAB), Jl. Dr. Soeparno, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah 53123

Telp. (0281) 643744/629191 | Fax. (0281) 621966 | Email: kedokterangigi@unsoed.ac.id

Galeri Kegiatan