[dentistry.fk.unsoed.ac.id, Rab, 03/07/2024] Jurusan Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) sukses menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum tahap Sarjana secara hybrid. Acara dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, dosen, tenaga kependidikan, dan stakeholder terkait.
Lokakarya kurikulum ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum tahap sarjana berbasis Outcome Based Education (OBE) guna meningkatkan kualitas pendidikan di Jurusan Kedokteran Gigi UNSOED. drg. Mutia Rochmawati, Sp. Perio., selaku Ketua Lokakarya sekaligus Ketua Tim Kurikulum, menekankan pentingnya kolaborasi dalam merumuskan langkah-langkah konkret penerapan OBE pada kurikulum tahun 2024.
Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. M. Mukhlis Rudi Prihatno, M.Kes., M.Si.Med., Sp. An-KNA. dalam sambutannya berharap agar Lokakarya Kurikulum ini, dapat mendorong penerapkan pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan efektif. untuk menghasilkan lulusan yang makin berkualitas.
Agenda lokakarya meliputi beberapa sesi penting, dimulai dengan pemaparan dari Tim Kurikulum Jurusan Kedokteran Gigi mengenai “Grand Design Kurikulum” oleh drg. Fitri Diah Oktadewi, M.D.Sc. Selanjutnya, drg. Ryana Budi Purnama., M.D.Sc. memaparkan “Hasil Analisis Elemen Pendukung Proses Pembelajaran".
Sesi kedua kemudian difokuskan pada “Metode dan Asesmen Pembelajaran dalam Mendukung Pelaksanaan Kurikulum OBE”, yang disampaikan oleh narasumber drg. Indri Kurniasih, M.Med.Ed. selaku ketua Tim Kajian Pendidikan AFDOKGI.
Pada sesi akhir, materi disampaikan oleh narasumber dari Pusat Pengembangan Kurikulum LP3M UNSOED terkait “Pengukuran CPL pada Kurikulum OBE” oleh Bpk. Tri Nugroho Adi S.Sos. M.Si. dan “Sistem Informasi dalam Pengukuran CPL” oleh Bpk. Ardiansyah, S.TP., M.Si., Ph.D.
Lokakarya ditutup dengan sesi diskusi dan penandatanganan berita acara, menandai komitmen jurusan dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis OBE. Langkah ini diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan kualitas lulusan Jurusan Kedokteran Gigi UNSOED, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia profesional. (IC)