Error message

User warning: The following module is missing from the file system: googleanalytics. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1181 of /var/www/clients/client2/web17/web/includes/bootstrap.inc).

Article

Dosen Kedokteran Gigi Unsoed Raih 1st Winner di Ajang Nasional

[dentistry.fk.unsoed.ac.id, Rab, 31/10/2018] Dosen Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) drg. Christiana Cahyani Prihastuti, M.Phil sukses meraih juara 1 di ajang nasional Pepsodent FORIL Award 2018 Kategori Penelitian (Kamis, 1/11/2018). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari FORIL XII (Forum Ilmiah) yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti yang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali. Penjurian presentasi oral dilaksanakan di Balai Kartini, Jakarta pada hari Rabu, 31 Oktober 2018.

drg. Christiana Cahyani Prihastuti, M.Phil atau yang biasa disapa drg. Ninis mengungkapkan bahwa dari 69 abstrak, terseleksi 42 judul yang diterima oleh FORIL award committee dan diminta untuk dilengkapi dengan full paper. Selanjutnya terpilih 17 full paper untuk dipresentasikan dalam sesi Oral Presentation FORIL XII pada tanggal 1-3 November 2018. "Tiga judul di antaranya terpilih sebagai finalis Pepsodent FORIL Award 2018 Kategori Penelitian yang dilombakan” ungkapnya. Selain itu, juri dalam kategori penelitian terdiri dari 3 orang yaitu Prof. Dr. drg. H. Boedi Oetomo Roeslan, M.Biomed., Prof. drg. Boy Muchlis Bachtiar, MS, PhD., dan Dr. drg. Joko Kusnoto, MS, Sp.Ort.

Menyusul pemenang selanjutnya dalam ajang Pepsodent FORIL Award 2018 Kategori Penelitian yaitu drg. Vinna Kurniawan Sugiaman, M.Kes. staf pengajar FKG Universitas Kristen Maranatha sebagai juara 2 dan drg. Dian Maifara Putri, Sp.BM. staf pengajar FKG Universitas Padjajaran sebagai juara 3. Selain kategori Penelitian atau Research, ada pula kategori Case Report, Literature Review, Student (Research), serta Categorized Award untuk bidang ilmu Biomedical Sciences dan Conservative Dentistry.

Karya drg. Christiana Cahyani Prihastuti, M.Phil yang diperlombakan dalam ajang nasional tersebut berjudul Lactobacillus rhamnosus Capsular Polysaccharide Modulates Neural Responses in Dental Caries”. Topik yang dipresentasikan merupakan bagian dari penelitian selama menempuh studi S2 di University of Sydney. “Penelitian ini untuk mengetahui potensi patogenik dari kapsul polisakarida yang terdapat pada dinding bakteri isolat klinis Lactobacillus rhamnosus strain LRHMDP2 dari jaringan perifer pulpa pada gigi karies. Eksperimen dilakukan pada kultur sel Human Brain Pericytes sebagai prekursor neurogenik untuk melihat Notch1 signaling dan diferensiasi sel menggunakan metode immunohistochemistry (IHC)” jelasnya.

Menurutnya kesempatan menjadi finalis dalam Pepsodent FORIL Award ini merupakan pengalaman berharga untuk bertemu dan berdiskusi dengan para pakar terutama di bidang penelitian kedokteran gigi. Tak kalah pentingnya, juga dapat menjadi ajang untuk mengibarkan nama IPDG Unsoed di kancah nasional” tuturnya.

Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah! (Oim)

 

Jelajah Kota Purwokerto

Informasi kota Purwokerto serta transportasi dan akomodasi menuju kota Purwokerto dapat dengan mudah diakses di sini

 

SIA & KRS Online

Pengisian KRS online ke e-SIA dapat dilakukan di sini. Batas pengisian KRS online dapat dilihat setelah melakukan login pada website e-sia Unsoed.

 

Jadwal Kuliah & Tutorial

Jadwal kuliah, tutorial, skill lab, praktikum dan ujian (beserta dosen pengampu dan ruangan yang digunakan) dapat dilihat di sini ...

 

Unduh Dokumen

Kalender Akademik (KRS, jadwal perkuliahan, jadwal sidang dan jadwal wisuda dll.) Tahun Ajaran 2023/2024 dapat diunduh di sini...

KONTAK KAMI KEDOKTERAN GIGI UNSOED

 
Alamat Kampus : 
1. Kampus Karangwangkal, Jl. Dr. Soeparno, Purwokerto Utara, Jawa Tengah 53122
2. Integrated Academic Building (IAB), Jl. Dr. Soeparno, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah 53123

Telp. (0281) 643744/629191 | Fax. (0281) 621966 | Email: kedokterangigi@unsoed.ac.id

Galeri Kegiatan