Error message

User warning: The following module is missing from the file system: googleanalytics. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1181 of /var/www/clients/client2/web17/web/includes/bootstrap.inc).

Article

Keseruan Dies Natalis 12th Kedokteran Gigi UNSOED di Masa Pandemi Covid-19

[dentistry.fk.unsoed.ac.id, Rab, 26/08/2020]  Tepat pada tanggal 5 Maret 2020, Kedokteran Gigi UNSOED resmi 12 tahun berdiri dan mencetak dokter gigi yang unggul. Tiap tahun akan dilaksanakan acara Diesnatalis Kedokteran Gigi UNSOED untuk merayakan hari jadi Kedokteran Gigi UNSOED. Pada tahun ini, acara Diesnatalis Kedokteran Gigi UNSOED dibuat berbeda. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19, seluruh acara terpaksa dilaksanakan secara online begitu pula dengan Diesnat KG ke 12 tahun. Rangkaian dari acara Diesnatalis KG tahun ini, Departemen Perhubungan bekerja sama dengan Departemen PMB (Pengembangan Minat dan Bakat) dan Departemen Pendidikan dan Keprofesian untuk meramaikan acara Diesnat KG dengan mengadakan Pronasi (Parade Olahraga dan Seni), Kakang Mbekayu Kedokteran Gigi UNSOED 2020, Lomba Cerdas Cermat, Diesnat Award, Against Covid-19 Challenge, dan membuat video ucapan.

Untuk Diesnat Award sendiri dimulai pada tanggal 7 Mei 2020 hingga 13 Mei 2020 yang diikuti oleh seluruh masyarakat KBMKG untuk memilih 8 kategori dari jajaran dosen, karyawan, mahasiswa S1, dan co-ass hingga terpilihlah drg. Anindita Laksitasari sebagai dosen terdisiplin, drg. Maulina Triani sebagai best lecturer, Ghaida Humaira sebagai mahasiswa S1 tereksis, Naila Robbaniyya sebagai mahasiswa S1 terteladan, Pandu Nurul Alam S.KG sebagai co-ass terproduktif, Ridhofar Akbar S.KG sebagai co-ass teramah, Nita Wahyu Suwardani sebagai karyawan terupdate, dan Soiman sebagai karyawan terfavorit. Diadakannya Diesnat Award diharapkan dapat meningkatkan semangat seluruh warga KBMKG baik dari jajaran dosen, karyawan, dan mahasiswa S1 maupun co-ass agar terus menjadi yang terbaik. Panitia diesnat juga mengadakan lomba Against Covid-19 Challenge agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang covid-19 secara umum melalui video yang dibuat secara berkelompok oleh warga KBMKG UNSOED sehingga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam membuat video bertema edukasi dan pesan yang disampaikan bermanfaat untuk masyarakat luas.

Untuk melepas rasa rindu dikarenakan pandemi, beberapa dosen, karyawan, mahasiswa S1 dan co-ass bahkan Dr. drg. A. Haris Budi Widodo, M.Kes, AP., S.IP., S.E. sebagai Ketua Jurusan Kedokteran Gigi UNSOED dan Dr. dr. M.Mukhlis Rudi P., M.Kes, M.Bmd, Sp.An-KNA sebagai Dekan Fakultas Kedokteran UNSOED pun turut serta membuat video ucapan selamat, harapan, dan kesan selama 12 tahun berdirinya Kedokteran Gigi UNSOED. Dengan video ucapan ini, diharapkan semua doa dan harapan untuk Kedokteran Gigi UNSOED dapat menjadi motivasi bagi kita untuk membawa nama baik jurusan kita ke jenjang yang lebih tinggi. Video ucapan Dies natalis 12 Tahun KG Unsoed pun dapat diakses pada link: https://www.instagram.com/tv/CAUTJjVgOt-/?igshid=4ativkgibbam.

Dalam pelaksanaannya, Dies Natalis KG Unsoed ke-12 ini diramaikan oleh macam-macam lomba yaitu:

  1. Lomba Cerdas Cermat (LCC). Kegiatan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Online merupakan suatu program kerja yang dilaksanakan dalam bentuk pengerjaan soal yang berisikan materi mengenai sejarah kedokteran gigi Unsoed, pengetahuan umum serta pengetahuan tentang kedokteran gigi yang diselenggarakan oleh departemen Pendidikan dan Keprofesian Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman dan diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa aktif dan mahasiswa profesi Jurusan Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman. Tujuan adanya kegiatan LCC adalah sebagai wadah untuk mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman. Pada tahun 2020, kegiatan LCC dilaksanakan secara online mengingat adanya pandemi Covid-19. Dengan diadakannya kegiatan LCC diharapkan mahasiswa Kedokteran gigi Unsoed dapat semakin akrab dan saling mengenal satu sama lain dan apabila kegiatan LCC akan dilaksanakan kembali di tahun depan, maka dapat lebih ditingkatkan lagi baik dari koordinasi panitia maupun sarana serta prasaranya. Adapun capaian dari kegiatan LCC yaitu diikuti oleh 5 tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 3 mahasiswa kedokteran gigi Unsoed. Dalam pelaksanaannya, kegiatan LCC tahun 2020 di bagi dalam dua sesi. Sesi pertama yaitu babak penyisihan dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Mei 2020 pukul 13.00 WIB via google classroom, acara ini diikuti oleh 15 mahasiswa yang terbagi dalam 5 tim dimana masing-masing tim terdiri dari 3 mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman. Sesi pertama diawali dengan peserta bergabung di google classroom lalu dibagikan google form berisi soal lomba. Peserta mengerjakan soal yang telah diberikan selama 15 menit. Kemudian dilakukan penilaian terhadap jawaban yang telah terkumpul dan di lanjut dengan pengumuman hasil nilai peserta yang lolos ke babak final. Setelah itu, dilanjutkan sesi 2 (babak final) tepatnya 1 minggu setelah sesi pertama yaitu pada hari Sabtu, 16 Mei 2020 pukul 16.00 WIB via line. Acara ini diikuti oleh 9 mahasiswa yang terbagi dalam 3 tim dimana masing-masing tim terdiri dari  3  mahasiswa  Kedokteran  Gigi  Universitas Jenderal Soedirman. Diawali dengan presensi di grup line lalu masing-masing tim memilih perwakilannya untuk menjawab soal yang diberikan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab soal lomba cerdas cermat via grup line yang dipandu oleh moderator dan time keeper. Sesi tanya jawab berlangsung selama 45 menit. Setelah itu, diumumkan hasil nilai masingmasing tim sekaligus penentuan juara 1,2,3 dan diakhiri dengan penutupan.
  2. Kakang Mbekayu. Kakang Mbekayu merupakan suatu ajang untuk mencari duta Kedokteran Gigi yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya dengan melibatkan 3 angkatan aktif. Namun ada yang berbeda dari Kakang Mbekayu tahun 2020 kali ini dikarenakan pandemi Covid-19 event dialihkan menjadi online melalui google meet dengan mengerahkan segala kemampuan yang dapat dilakukan supaya tidak mengurangi antusiasme acara Kakang Mbekayu 2020. Acara Kakang Mbekayu 2020 dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2020 via gmeet dan diikuti oleh 6 orang peserta yaitu Kurnia Jelang Ramadian 2018, Nanda Asta 2018, Titania Anggitya 2019, Sheila Safira 19, Nicolas Antonio 2019, dan Egi Gibbons 2019. Rangkaian acara Kakang Mbekayu 2020 yang dilaksanakan secara online terbagi menjadi beberapa tahap yaitu membuat essay dengan tema “physical distancing” yang efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19” – pengumpulan berkas peserta – tes tertulis – membuat video perkenalan diri dan profil KG Unsoed – membuat video minat bakat peserta. Beberapa rangkaian tersebut yang kemudian menjadi bahan penilaian bagi para juri. Adapun juri Kakang Mbekayu 2020 yang diundang untuk menjadi tim penilai yaitu Safira Hasna Nada (Mbekayu Banyumas 2019) sebagai juri public speaking, Galih Yoga Saputro (2nd Runner Up Kakang Banyumas 2019) sebagai juri wawasan, dan Mas Pujiono, SP sebagai juri kreativitas. Ajang pencarian duta Kedokteran Gigi Unsoed “Kakang Mbekayu 2020” ini terlaksana dengan baik meskipun hanya bisa diselenggarakan secara online dengan terpilihnya Kurnia Jelang Ramadian dari angkatan 2018 sebagai Kakang KG Unsoed 2020 dan Nanda Asta Minullah dari Angkatan 2018 sebagai Mbekayu KG Unsoed 2020. Harapanya duta KG Unsoed yang telah terpilih ini dapat menjadi panutan bagi warga KBMKG Unsoed dan amanah dalam menjalani tugasnya serta dapat menjadi wakil dari Kedokteran Gigi Unsoed untuk acara-acara HIMA yang akan datang.
  3. PRONASI. PRONASI merupakan Parade Olahraga dan Seni yang diadakan oleh Departemen Pengembangan Minat dan Bakat Kabinet Sinar Kebaikan HIMA KBMKG Unsoed. Rangkaian perlombaan PRONASI 2020 diadakan pada tanggal 1 Mei 2020 sampai 16 Mei 2020 melalui Instagram. Adapun macam-macam lomba yang diadakan dalam PRONASI 2020 yaitu lomba cover lagu yang bertema back to 90’s, fotografi yang bertema kegiatan selama #dirumahaja, desain kaos dan totebag dengan tema D12EAM (harapan untuk KG unsoed di usia 12 tahun), dan video workout yang bertema simple workout during quarantine. PRONASI diikuti oleh mahasiswa Kedokteran Gigi Unsoed angkatan 2016, 2017, 2018, dan 2019 dengan juri drg. Anindita Laksitasari dan drg. Aris Aji Kurniawan, M.H. Selain untuk menyemarakkan acara Dies Natalis Kedokteran Gigi Unsoed ke-12, Tujuan dari PRONASI itu sendiri yaitu untuk mempererat tali silaturahmi antar angkatan mahasiswa Kedokteran Gigi Unsoed, dan memberikan ruang untuk menunjukan minat dan bakat dalam bidang seni dan olahraga bagi mahasiswa Kedokteran Gigi Unsoed. Adapun lomba video workout PRONASI 2020 dimenangkan oleh Egi Gibbons H (2019) sebagai juara 1, Veronica N. P (2018) sebagai juara 2, Hanifah T. N (2018) sebagai juara 3. Lomba cover lagu dimenangkan oleh Tivani Dwinisa (2016) sebagai juara 1, Anyelir Z. P. R (2018) sebagai juara 2, Octavina W.A.T (2019) sebagai juara 3. Lomba Fotografi dimenangkan oleh Aliffala W. (2018) sebagai juara 1, Alya Ghina R (2018) sebagai juara 2, Adninda R (2018) sebagai juara 3. Lomba Design Kaos dan Totebag dimenangkan oleh Dean Piagio (2016) sebagai juara 1, M. Hisyam G (2017) sebagai juara 2, Suhella Jaidi (2018) sebagai juara 3. Harapannya semoga kedepannya PRONASI ini dapat terus terselenggara dengan baik.

Meski Dies Natalis Kedokteran Gigi Unsoed terpaksa dilaksanakan secara daring, namun rangkaian kegiatan dan konsep acara telah dikemas semenarik mungkin sehingga tetap menyemarakkan 12 tahun Kedokteran Gigi Unsoed.

Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah!
Sukses Selalu Kedokteran Gigi Unsoed!
Semangat bersinar, tebarkan kebaikan!

 

Jelajah Kota Purwokerto

Informasi kota Purwokerto serta transportasi dan akomodasi menuju kota Purwokerto dapat dengan mudah diakses di sini

 

SIA & KRS Online

Pengisian KRS online ke e-SIA dapat dilakukan di sini. Batas pengisian KRS online dapat dilihat setelah melakukan login pada website e-sia Unsoed.

 

Jadwal Kuliah & Tutorial

Jadwal kuliah, tutorial, skill lab, praktikum dan ujian (beserta dosen pengampu dan ruangan yang digunakan) dapat dilihat di sini ...

 

Unduh Dokumen

Kalender Akademik (KRS, jadwal perkuliahan, jadwal sidang dan jadwal wisuda dll.) Tahun Ajaran 2023/2024 dapat diunduh di sini...

KONTAK KAMI KEDOKTERAN GIGI UNSOED

 
Alamat Kampus : 
1. Kampus Karangwangkal, Jl. Dr. Soeparno, Purwokerto Utara, Jawa Tengah 53122
2. Integrated Academic Building (IAB), Jl. Dr. Soeparno, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah 53123

Telp. (0281) 643744/629191 | Fax. (0281) 621966 | Email: kedokterangigi@unsoed.ac.id

Galeri Kegiatan